Menurut data dari berbagai sumber terpercaya, Bali masih memerlukan banyak tenaga medis. Di NTB dan NTT serta di Indonesia Timur masih memerlukan tenaga medis dengan jumlah di atas lima juta orang. Itu berarti tenaga medis terutama tenaga bidang dan perawat masih sangat kurang.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis tersebut sudah banyak didirikan sekolah tinggi kesehatan tersebar di berbagai daerah. Di Bali juga sudah ada sejumlah sekolah tinggi kesehatan, salah satunya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Wira Medika PPNI Bali. Sekolah yang berada di Jalan Kecak No.9A Gatot Subroto Denpasar ini bernaung di bawah Yayasan Samodra Ilmu Cendekia. Sekolah ini didirikan karena kebutuhan tenaga kesehatan khususnya di Provinsi Bali dan Wilayah Timur Indonesia pada umumnya, yang masih cukup tinggi dengan penyebaran yang belum merata dan sebagian besar berada di kota-kota besar. Sampai saat ini lulusan tenaga kesehatan mudah diserap oleh pasar tenaga kerja. Selain itu Sekolah kesehatan lebih diminati masyarakat dengan harapan langsung mendapatkan pekerjaan.

STIKES Wira Medika PPNI Bali didirikan tanggal 30 November 1997 dengan Surat Keputusan nomor: 225/D/O/1997. Tanggal 30 November 1997 sesuai dengan surat Keputusan Mendiknas RI dijadikan sebagai hari kelahiran Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Medika PPNI Bali (STIKES Wira Medika PPNI Bali). Sekolah tinggi ini mengemban Visi; Menjadi lembaga pendidikan kesehatan professional dan memiliki daya saing di tingkat nasional tahun 2020 dan global tahun 2030. Misi yang mau dicapai adalah; Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan tenaga kesehatan, kompeten di bidangnya, berskala nasional dan internasional, Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian tepat guna yang bermanfaat bagi derajat kesehatan masyarakat, Menyelenggarakan pendidikan berbasis IPTEK Kesehatan melalui pengabdian masyarakat.

Saat ini STIKES Wira Medika PPNI Bali menyelenggarakan program pendidikan S1 Ilmu Keperawatan dan D3 Analis Kesehatan yang telah terakreditasi BAN-PT, serta program studi Ners (profesi) yang telah memiliki ijin penyelenggaraan Kep Mendikbud No 106/E/ O/ 2012. Tidak hanya disitu, STIKES Wira Medika juga membuka program studi D3 Kebidanan dan satu-satunya program studi di Bali, yaitu: D3 Refraksi Optisi serta D3 Perekam dan Informasi Kesehatan.

Dengan selalu menge­depankan competence for excellence, STIKES Wira Medika dapat dijadikan sebagai salah satu solusi terbaik untuk meraih kesempatan menjadi tenaga kesehatan professional. STIKES Wira Medika juga ditunjang fasilitas penunjang akademik seperti lab, perpustakaan memadai. Banyak ketrampilan yang diajarkan hampir pada setiap semester.

sumber: imobeducare