Home
Program Studi
S1 Ilmu keperawatan dan Profesi Ners

S1 Ilmu keperawatan dan Profesi Ners

PROGRAM ILMU KEPERAWATAN PENDIDIKAN STRATA SATU (S1)

S1Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi banyak membawa perubahan terhadap kehidupan manusia baik perubahan dalam pola hidup maupun tatanan sosial termasuk bidang kesehatan. Perilaku individu dalam melakuan pemeliharaan kesehatan banyak dipengaruhi oleh kondisi dan situasi masyarakat setempat seperti norma, adat istiadat, agama dan kebiasaan hidup. Kebudayaan dan kesehatan memiliki hubungan yang sangat erat karena kebudayaan dapat merubah dan membentuk perilaku kesehatan. Keanekaragaman budaya yang ada di masyarakat perlu dipertahankan eksistensinya di tengah-tengah persaingan global, karena warisan budaya dan nilai-nilai tradisional tersebut mengandung banyak kearifan lokal yang masih sangat relevan dengan kondisi saat ini. Oleh karena itu budaya seharusnya dilestarikan, diadopsi atau bahkan dikembangkan lebih jauh.

Salah satu perkembangan kebudayaan dan kesehatan yang saat ini menjadi isu di berbagai negara adalah terapi komplementer. Masyarakat memilih dan atau menggunakan terapi ini dengan alasan keyakinan, keuangan, risiko reaksi obat kimia dan tingkat kesembuhan. Masyarakat memiliki beberapa alasan dalam menggunakan terapi komplementer, salah satunya adalah filosofi holistik pada terapi komplementer yaitu adanya harmoni dalam diri dan promosi kesehatan.

Pengobatan komplementer-alternatif di Indonesia diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 1109/MENKES/PER/IX/2007 tentang pengaturan penyelenggaraan pengobatan komplementer-alternatif di fasilitas pelayanan kesehatan. Pelayanan komplementer-alternatif dapat dilaksanakan secara sinergis, terintegrasi, dan mandiri di fasilitas pelayanan kesehatan.

Berdasarkan ijin penyelenggaraan Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan melalui Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Repbulik Indonesia Nomor: 225/D/O/2007 dan ijin penyelenggaraan Program Studi Profesi Ners melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 106/E/O/2012, STIKes Wira Medika PPNI Bali menempatkan Perawat sebagai salah satu profesi yang terlibat dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dapat menggunakan komplementer sebagai salah satu kelebihan dalam memberikan asuhan keperawatan dan bagi program studi, hal ini dapat digunakan sebagai sebuah ciri khas dari lulusan yang dihasilka

 

Visi

Pusat pendidikan Ners yang profesional dan berbudaya dengan keunggulan keperawatan komplementer di tingkat Regional, Nasional 2020 dan Internasional 2025.

Makna yang terkandung dalam Visi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Profesional: Sumber Daya Manusia yang memiliki kemampuan, tanggung jawab dan akuntabel memiliki kewenangan dalam melaksanakan pelayanan keperawatan serta mampu bekerjasama dalam tim dengan profesi kesehatan lainnya.
  2. Berbudaya: Sumber Daya Manusia yang memiliki kepekaan dan ketajaman nurani serta mampu mengimplementasikan nilai-nilai luhur budaya lokal yang bersifat universal untuk berinteraksi di masyarakat.
  3. Keperawatan komplementer: asuhan keperawatan yang dilakukan dengan pendekatan terapi  non konvensional yang berfungsi sebagai terapi suportif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan keperawatan yang kompeten dengan kompetensi unggulan keperawatan komplementer
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan kemampuan Program Studi Ners dalam melakukan penelitian dan atau memanfaatkan hasil penelitian (evidence Based) keperawatan komplementer
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang relevan dengan kebutuhan dan budaya masyarakat

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan keperawatan yang profesional serta memiliki kompetensi dengan unggulan keperawatan komplementer, dan mampu bersaing di tingkat regional, nasional dan internasional
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengintegrasikan terapi komplementer dalam menerapkan asuhan keperawatan
  3. Menghasilkan lulusan keperawatan yang mampu melakukan penelitian dan publikasi ilmiah ditingkat regional, nasional dan internasional.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu memanfaatkan hasil penelitian (evidence Based) dalam menerapkan asuhan keperawatan
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan kompetensi keperawatan dan memiliki inovasi untuk meningkatkan kemandirian masyarakat di bidang kesehatan.

 

Kompetensi Lulusan :

  • Mampu berkomunikasi dan menjalin hubungan interpersonal yang efektif
  • Mampu menerapkan aspek etik dan legal dalam praktik keperawatan
  • Mampu melaksanakan asuhan keperawatan professional di klinik dan komunitas
  • Mampu mengaplikasikan kepemimpinan dan  manajemen  keperawatan dalam asuhan keperawatan
  • Mampu melakukan penelitian keperawatan
  • Mampu melakukan pengabdian masyarakat
  • Mampu memberikan pendidikan kesehatan
  • Mampu mengembangkan profesionalisme secara terus menerus dan belajar sepanjang hayat
  • Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa asing dalam memberikan Asuhan Keperawatan khususnya dengan menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Jepang.
  • Mampu menerapkan asuhan keperawatan lintas budaya atau Transkultural Nursing secara komprehensif pada berbagai budaya
  • Mampu mengembangkan asuhan keperawatan dengan menerapkan keperawatan komplementer.

Surat Akreditasi Program Studi :

Untuk alumni dan mahasiswa STIKes Wira Medika PPNI Bali jurusan S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners dapat mengunduh hasil Akreditasi Program Studi 2016 pada link berikut :

  1. Sertfikat Akreditasi S1 Ilmu Keperawatan
  2. SK Akreditasi S1 Ilmu Keperawatan (1)
  3. SK Akreditasi S1 Ilmu Keperawatan (2)
  4. Sertifikat Akreditasi Profesi Ners
  5. SK Akreditasi Profesi Ners (1)
  6. SK Akreditasi Profesi Ners (2)