Sejarah

enid

 

STIKES Wira Medika building at night

Hal yang mendasari terbentuknya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Medika PPNI Bali (STIKES Wira Medika PPNI Bali) yaitu :

  1. Kebutuhan tenaga kesehatan khususnya di Propinsi Bali dan Wilayah Timur Indonesia pada umumnya, masih cukup tinggi dengan penyebaran yang belum merata dan sebagian besar berada di kota-kota besar.
  2. Sampai saat ini lulusan tenaga kesehatan mudah diserap oleh pasar tenaga kerja.
  3. Sekolah kesehatan lebih diminati masyarakat dengan harapan langsung mendapatkan pekerjaan.

Menyikapi hal tersebut, Yayasan Samodra Ilmu Cendekia berniat untuk mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ( STIKES). Untuk maksud tersebut pihak Yayasan Samodra Ilmu Cendekia (YSIC) menghubungi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Propinsi Bali Bapak Drs I Dewa Agung Ketut Sudarsana, MM dalam rangka menjalin kerjasama. untuk dapat bekerjasama dalam membangun Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan di Bali. dengan menyusun segala persiapan yang dibutuhkan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang akan didirikan tersebut diberi nama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Medika PPNI Bali (STIKES Wira Medika PPNI Bali) yang saat ini memiliki Program Studi S1 Ilmu Keperawatan dan Program Studi D3 Analis Kesehatan.

Mengingat kerjasama ini perlu diwujudkan dan dikawal dengan penuh tanggung jawab khususnya kualitas, maka ketua DPD PPNI Tingkat I Bali meminta pihak pengurus YSIC menghubungi secara langsung Ibu Ni Wayan Mulati guna memperoleh kesanggupan dari beliau untuk memulai dan mengkawal proses pembentukannya. Setelah diperoleh kesepakatan dari ibu Ni Wayan Mulati, maka proses sosialisasi kepada pengurus DPD PPNI Tingkat I Bali dilakukan. Melalui proses sosialisasi akhirnya kesepakatan kerjasama disetujui . Untuk menggunakan kerjasama ini Pihak DPD PPNI Tingkat I Bali menyusun tim guna menyusun draft MoU dengan YSIC. Sejak saat itu proses pengurusan Ijin pendirian dari Dinas Kesehatan Propinsi Bali sampai ke Proedur Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) dilakukan bersama-sama dan akhirnya Surat Ijin Oprasional dari DIKTI diperoleh karena MoU antara YSIC dengan DPD PPNI Tingkat I Bali ditandatangani.

Setelah mendapatkan persetujuan mulai dari rekomendasi-rekomendasi di tingkat provinsi, Departemen Kesehatan dan juga rekomendasi dari Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Mendiknas RI), pada tanggal 30 November 1997 dengan Surat Keputusan nomor : 225/D/O/1997, akhirnya berdirilah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Medika PPNI Bali (STIKES Wira Medika PPNI Bali). Tanggal 30 November 1997 sesuai dengan surat persetujuan Mendiknas RI dijadikan sebagai hari kelahiran Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Medika PPNI Bali (STIKES Wira Medika PPNI Bali).