STIKes Wira Medika Bali

Wira Medika Bali Istitute of Health

Penelitian dan Pengabmas

Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di STIKes Wira Medika Bali dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Puslitabmas).
Struktur Puslitabmas STIKes Wira Medika Bali adalah sebagai berikut:

Tugas utama Puslitabmas adalah yang memfasilitasi, mengkoordinasikan dan melakukan monitoring serta mengevaluasi dosen (tenaga pendidik) dalam melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Visi Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Menjadikan lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat yang berperan aktif, mandiri, inovatif, unggul, dan terpercaya dibidang kesehatan serta berstandar mutu Internasional dalam rangka pemanfaatan IPTEK, pengembangan dan pembangunan bangsa serta budaya yang berkualitas melalui penelitian dan pengabdian masyarakat tahun 2025.

Misi Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
(1) Mengembangkan sumber daya pendidikan dan pengajaran di kampus dan masyarakat umumnya melalui penelitian dan pemanfaatan hasil penelitian.
(2) Mengembangkan unit-unit kajian penelitian berwawasan budaya di lingkungan perguruan tinggi, yang bermutu dan mampu bersaing secara nasional, regional, dan internasional.
(3) Menghasilkan penelitian dan kajian-kajian akademik berkualitas yang memberikan dampak pada kebijakan kampus dan meningkatkan mutu kehidupan masyarakat.
(4) Mendiseminasikan hasil-hasil penelitian melalui seminar, lokakarya, publikasi jurnal, HKI dan media lainnya sehingga mencapai sasaran seluas-luasnya.
(5) Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang profesional, berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya yang telah teruji dalam rangka meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

Tujuan Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Meningkatkan kualitas penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di STIKes Wira Medika Bali

1. Penelitian
Topik penelitian mengarah pada tujuan jangka panjang yang mengacu pada misi STIKes yang juga diarahkan sesuai dengan target MDGS yang kemudian pada tahun 2015 disesuaikan dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Tujuan jangka panjang ini tertuang kedalam Rencana strategis penelitian dan rencana Strategis Pengabdian kepada masyarakat yang di rangkum kedalam Road Map penelitian.
journal.stikeswiramedika.ac.id

2. Pengabdian Masyarakat (Pengabmas)
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Puslitabmas). STIKes Wira Medika Bali memfasilitasi dan mengkoordinasi dosen dalam melakukan pengabdian masyarakat terintegrasi, bekerjasama dengan pihak/instansi/stakehorder serta dalam pelaksanaannya juga dibantu oleh mahasiswa dan atau alumni.

Kebijakan Puslitbangmas dalam program pengabdian masyarakat yaitu meningkatkan capaian target baik kualitas maupun kuantitas dalam rangka menuju akreditasi nasional. Capaian secara internal diarahkan pada penguatan organisasi dan sarana prasarana sedangkan penguatan capaian ekternal dilakukan dengan meningkatkan implementasi program IPTEKS khususnya di bidang kesehatan yang digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

3. Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Competence for Excellence

Pusat pendidikan kesehatan yang profesional dan memiliki daya saing di tingkat nasional. 

R

Profesional

Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan tenaga kesehatan kompeten dibidangnya, berskala regional, nasional dan internasional.

R

Tepat Guna

Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian tepat guna yang bermanfaat bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

R

Fasilitias Lengkap

Laboratorium dan fasilitas lainnya sangat menunjang pembelajaran

Lulusan Kami

Prestasi Regional

Prestasi Nasional dan Internasional

Seminar Nasional & Internasional

Kami siap melayani anda dengan tulus hati

Kami sangat berkomitmen untuk terus memberi yang terbaik dan selalu terbuka pada setiap saran, pertanyaan dan komentar.